Rabu, 02 Juli 2008

Menjadi Pribadi Sukses

Oleh : Mas Amri Knowledge Entrepreneur
ManajemenQolbu.Com : (Dari Bedah Buku Dr Akrim Ridha)

Semua cahaya menyinari tujuanmu ;
Intinya adalah buat perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang dan semuanya harus bisa terukur.

Cita-citamu mesti realistis ;
Berbicara realistis maupun tidak realistis sebuah cita-cita sifatnya adalah relatif, sebab itu tergantung kepada kita, maka Rasullulah bersabda bahwa setiap perkataan itu ada hakekat, lalu Rasulullah menanyakan kepada harist apa bukti dan hakekat keimananmu itu ?

Kelelahan utama, mendapatkan teladan ;
Kita dianjurkan untuk mencari figure tidak hanya satu , sebab harus disesuaikan pada sector mana kita akan menggunakannya.Catatan, khusus untuk Rasulullah SAW beda lagi.

Jangan kehilangan sumber potensi ;
Maksudnya , banyak diantara kita yang lebih pinter mengetahui kekurangan diri daripada kelebihan diri. Jadilah dirimu sendiri, seperti kue DONAT, kelebihannya adalah lubangnya.

Inovasi dan rasional atau hanya mimpi-mimpi ;
Kehidupan selalu berubah, walaupun banyak orang yang masih bangga dengan teknik-teknik masa lalu yang sudah usang.

Anda mesti menggunakan kunci-kunci manajerial ;
Intinya adalah kita harus punya perencanaan yang bagus, ada peringatan dari Ali r.a bahwa sesuatu yang baik, tidak diorganisasi dengan baik akan terkalahkan dengan sesuatu yang tidak baik namun terorganisasi dengan baik.

Menuju karir profesional ;
Intinya belajr dan belajar agar kita termasuk dalam surat 58 ; 11 yang isinya : " Allah mengangkat derajat orang – orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat".

Perahu kesabaran ;
Intinya seperti dalam surat Ali Imron ayat 200 yaitu " Dan bertaqwalah kamu sekalian kepada Allah supaya kamu beruntung ". Ibnu Qayyim berkomentar bahwa ada orang yang sabar tapi tidak istiqomah , ada yang istiqomah namun tidak sabar, ada yang sabar dan istiqomah namun tidak bertaqwa.Padahal bertaqwa itulah yang menjadikan seseorang beruntung.

Denyut hati ;
Intinya adalah perlunya kegigihan, kegigihan, kegigihan dan pokoknya kegigihan.

Jadilah hidupmu menyenangkan ;
Kombinasikan hidup anda, nikmati hidup anda, dan lupakan juga hapus hal-hal yang tidak perlu dalam kehidupan kita.(mikha)[mq]***

Tidak ada komentar: